Setrum ikan tanpa platina

Category: Pendidikan



aslammu'alaikum teman teman. setelah bebehari saya menguji coba alat setrum ikan tanpa menggunakan platina yg tdk seperti mas zikha bahas pada waktu yg lalu pada posting artikel setrum ikan buatan mas zikha. tapi pada kesempatan kali ini mas zhika mencoba untuk menyampaikan informasi membuatan alat setrum ikan tanpa mengunakan palatina dan kondesor.

pada intinya membuat alat setrum ikan tanpa mengunakan palatina dan kodesor ini sejenis alat inferter alat perubah arus dc menjadi ac. tetapi lilitantanya tdk seperti travo step up yg ada dijual di pasaran. tetapi harus di buat sendiri seperti biasa membuat koil lilitan setrum ikan yg menggunakan platina.

untuk membuat alat setrum ikan yg mas zikha bahas ini mungikin sedikit lebih rumit di banding mengunakan platina. karena di butuhkan sedikit mempunyai ke ahlian elektronik. hehehe.
jika agan masih berminat untuk melajutkan untuk membuat alat sertum ikan yg seperti maszikha katakan lansung aja teman2 siapakan bahan untuk membuat setrum ikan tanpa platina dan tanpa kondesor.
seperti biasa siapkan inti besi atau keren panjang 13cm lebar 1,5cm.
kawat imael 6ons ukuran 1mm.
isolasi dan kertas isolator mika atau bs menggunakan kertas bungkus semen.
Aic tipe:LM555CN. 1biji.
Resistor.43K 1biji
Resistor.1,0k.2biji
capasitor 100nf 1biji
capasitor.10nf 1biji.
dioda 1N4007.2biji.
trsasistor seri 3055 1biji.
selajutnya lilit kawat imel seperti biasa membuat koil setrum ikan. lilitan primer cukup 2 lapis aja dan sisanya buat lilitan skunder. untuk perakitan komponen silahkan lihat gambar skema strum ikan tanpa platina dan kondesor di bawah ini.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

12 responses to "Setrum ikan tanpa platina"

mang gandul rajin indramayu [01:34 PM, 07-Dec-12]

hallo gan kalau boleh tahu tuh alat udah di uji coba belum? atau sekedar teori? lagian kalau bisa tuh sekema di perjelas alias lebih detil.

Ikie [11:03 PM, 15-Mar-13]

Mkm ,, mas boleh ga ak mau belajar membuat setrum ikan.. Sbenernya aku dah punya setrum ikan.. Tapi skarang strum ikan nya mati. . Ak mau memperbaiki nya sndri gmana ya cra nya..?

yanto dbatam [05:03 AM, 29-May-13]

radius brp mtr bro.n aki boros tak

yanto dbatam [05:04 AM, 29-May-13]

radius brp mtr bro.n aki boros tak

yanto dbatam [05:05 AM, 29-May-13]

radius brp mtr bro.aki boros tak

midin sarwo izouw [06:09 PM, 02-Jun-13]

klo untuk cari ikan di sungai pake obat pestisida aja,biar nggak ada resiko ke setrum..,,,dan nggak usah pusing" buat alat strum, bisa" kmu sendiri yg ke strum bkn ikanya.........

AHMAD SYARIF [11:52 AM, 16-Jun-13]

mas, kalo coil di ganti trafo bisa ngak?

Bani Hasan [10:30 AM, 30-Jun-13]

maaf masBro....yg punya postingan kemana nih kog kg nongol...salam kreatif masBro...alat setrum ikan yg ente buat itu udah pernah uji coba blm..?radius pera cm...ane udah punya yg pake sistem travo ct 12 volt 5 ampere..tp travonya harus lilit sendiri..
Ane tunggu folbeknya

reyka kato [02:11 PM, 22-Jul-13]

masbero......kalo buat setrum tikus bisa tak?

edjoe bumen [03:43 PM, 18-Sep-13]

kaco banget dah teorinya......
buat trafo patokanya pake timbangan, bukan berpatokan berapa diameter kernnya, terus berapa jumlah lilitanya dll...

himam muhamad [01:36 PM, 20-Mar-14]

ya mas bro bors sama accu kagak mas bro

mhimammuhamad [01:37 PM, 20-Mar-14]

boros accu kaga mas bro

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images